Rabu, 16 Desember 2015

William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia


Ia dikenal sebagai Pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison. William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, danselama 18 tahun di kampung halamannya, setelah lulus SMA ia kemudian kuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta sambil bekerja sebagai karyawan warnet.

Munculnya Ide Mengenai Tokopedia
Tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Bersama temannya Leontinus Alpha Edison  Ide William Tanuwijaya mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli yang kemudian dinamakan dengan tokopedia  yang menghubungkan online atau e-commerce  penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan  gratis. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami di Indonesia.

                           Hasil gambar untuk William Tanuwijaya

Tahun 2009, pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009,  resmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan suntikan dana dari investor dan juga bos di tempat kerjanya. Tokopedia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Award.


Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor mengingat perkembangannya sangat baik, seperti , East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.

 William Tanuwijaya kemudian sekarang ini menjadi CEO perusahaan Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini tokopedia terus menerus berkembang pesat berkat usaha pantang menyerah William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison.

Klik Juga Link Penting Ini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar