Rabu, 16 Desember 2015

Prof. dr. Sri Suparyati,Sp.A.(K),Ph.D, Penemu Vaksin Rotavirus


Prof. dr. Sri Suparyati,Sp.A.(K),Ph.D., mendapatkan penghargaan untuk kategori Pediatric Award diberikan oleh The Asian Pacific Pediatric Association (APPA) pada 14-18 Oktober 2009 di Shanghai, Cina.
Wanita yang biasa dipanggil Prof. Yati ini adalah satu dari 12 penerima penghargaan APPA yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Beliau adalah satu-satunya wakil dari Indonesia yang terpilih dari sejumlah 2.500 dokter ahli anak se-Asia Pasifik yang masuk seleksi. “Saya dianggap sebagai dokter spesialis anak yang paling menonjol selama tiga tahun terakhir,” katanya seperti dikutip situs ugm.ac.id, 4 November 2009.

Penghargaan yang diberikan kepadanya adalah buah karyanya dalam meneliti penyakit diare pada anak selama 40 tahun ini. Penelitian diare yang dilakukannya bersama Prof. Ruth Bishop dari Australia sejak tahun 1976. yang menghasilkan kesimpulan bahwa rotavirus adalah penyebab utama kasus diare pada anak.

Menurut beliau, infeksi rotavirus dapat menyebabkan kualitas hidup seorang bayi menjadi rendah karena sebagian usus halusnya tidak efektif lagi. Umumnya, bayi yang mengalami diare akibat infeksi rotavirus akan memberikan gejala muntah secara terus menerus, berak air, dan susah mengkonsumsi makanan. Jika berlanjut, usus halus bayi akan rusak sehingga tidak dapat menyerap makanan.

Kiprahnya dalam meneliti penyakit diare pada anak ternyata menghasilkan ide untuk memproduksi vaksin rotavirus yang diproduksi sendiri oleh Indonesia. Vaksin yang dijual saat ini relatif mahal.  Bekerja sama dengan Melbourne University dan PT. Biofarma, vaksin produksi Indonesia telah dipasarkan sejak tahun 2012

Klik Juga Link Penting ini Ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar