Senin, 14 Desember 2015

BJ Habibie Jagoan Pembuat Pesawat Terbang
















Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936.
Ia pernah kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya,  R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang.
Habibie mengeluti bidang Desain dan Konstruksi Pesawat di Fakultas Teknik Mesin. Selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik (catatan : diploma teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain) dengan predikat summa cum laude. Kemudian ia dipanggil pulang ke indonesia. Mengerjakan  Pesawat N 250 yang dikerjakan hanya 20 orang, terbang perdana pesawat N-250 pada 10 Agustus 1995, lalu kandas setelah krisis 1998.
Pesawat Indonesia lain yaitu Regio Prop 80 (R-80)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar